Selasa, 17 September 2013

Persembahan Google Doodle di Hari Lahir Fisikawan Dunia

Posted by Odiwijaya on 22.02

CALIFORNIA – Animasi interaktif raksasa mesin pencari Google Doodle sedang merayakan hari jadi ke-194 tahun fisikawan ternama Perancis, Leon Foucault. Ia lahir 18 September 1819. Salah satu karyanya yang terkenal adalah bandul yang sengaja diciptakannya untuk menunjukkan efek rotasi Bumi.

Kariernya sebagai fisikawan dimulai setelah bertemu dan berkolaborasi dengan Alfred Donne dan Hippolyte Fizeau. Pada 1850, Foucault melalui percobaannya membuktikan kebenaran Teori Newton yang menyatakan bahwa cahaya akan lebih lambat di air ketimbang melalui udara.

Salah satu karyanya yang paling sensasional adalah bandul yang sengaja diciptakannya untuk menunjukkan efek rotasi Bumi. Bandul Foulcault pertama kali diperkenalkan di Meridian Paris Observatory pada 1851 untuk membuktikan kebenaran teori yang mengatakan bahwa Bumi berputar. Benda yang dilapisi kuningan itu memiliki berat 28 kilogram dan diikat kawat sepanjang 67 meter.

Selain itu, dilansir The Independent, Rabu (18/9/2013), Foucault juga dikenal sebagai penemu arus induksi antara kutub magnet dalam logam dan metode pengujuan cermin pada teleskop yang dikenal sebagai uji tepi pisau Foucault.

Sebagaimana dapat dilihat pada animasi Doodle, bandul itu terus berputar sesuai dengan arah jarum jam dan membentuk sudut 11 derajat setiap jamnya. Selanjutnya, bandul akan mencapai satu putaran penuh dalam 32,7 jam. Menariknya lagi, netters (sebutan untuk pengguna internet) juga bisa memainkan kecepatan bandul yang berputar.

Pengunjung situs juga seperti biasa dapat mengetahui lebih lanjut menganai Leon Foucault di halaman utama Google dengan mengklik ikon pencarian di sebelah kanan animasi bandul Doodle. (amr)


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

Search Site