Selasa, 17 September 2013

Apple Tak Berhasrat Kuasai Pasar Dunia

Posted by Odiwijaya on 21.31

CALIFORNIA – Dari perhelatan yang digelar Apple pada Selasa 10 September lalu, terlihat jelas jika perusahaan tidak galau menyadari fakta sulit untuk benar-benar bisa menguasai pasar dunia. Akan tetapi, pupus sudah harapan suksesor iPhone 5 itu untuk menebalkan pundi-pundinya dengan mengeluarkan iPhone versi murah serta meraih simpati dari konsumen sejagat raya.

Sebab kenyataannya, Apple tidak benar-benar mengeluarkan iPhone dengan harga yang miring. Tampak bahwa raksasa Cupertino itu memasang skema harga yang sama seperti yang dilakukannya selama bertahun-tahun. Di mana baginya, iPhone 5C seharga USD549 dengan ikatan kontrak di Amerika Serikat (AS) dan USD733 di China itu sudah “murah”.

Hal itu jelas mengecewakan konsumen di Negeri Tirai Bambu. Sebab, harga yang diusung Apple dua kali lebih tinggi dibanding ponsel pintar Android kelas menengah di negaranya. Ketidaksesuain harga dengan kantong mendorong mereka ogah memboyong iPhone generasi ketujuh itu.

Sehingga, bukan tidak mungkin Apple akan kehilangan pangsa pasar di negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor satu di dunia tersebut. Tetapi, mungkin Apple perlu menahan nafasnya melihat hal yang sama di AS.

Dilansir Business Insider, Selasa (17/9/2013), pasar Negeri Paman Sam itu juga sudah mencapai titik jenuh dengan penjualan smartphone keluaran Apple. Di mana, jika perusahaan yang digawangi Tim Cook terus melakukan model seperti itu akan menjadikannya tidak menarik lagi bagi konsumen.

Meski demikian, Apple seperti menutup kupingnya terhadap berbagai komentar soal harga. Keputusannya untuk tetap memasang skema harga yang sama kian menegaskan jika mereka tidak terlalu memusingkan metrik pangsa pasar di seluruh penjuru dunia.

“Bagi kami, memenangi pasar bukan lah segalanya. Itu tidak pernah menjadi landasan Apple dalam mengeluarkan sebuah produk,” kata Tim Cook dalam Konferensi D11.

Ya, kesimpulannya Apple tidak ingin menggunakan filosofi yang sama dengan para kompetitornya, yakni memasang harga murah untuk menarik hati konsumen sehingga produknya laris manis di pasaran. Jelas sudah bahwa Apple ingin senantiasa menciptakan produk premium dengan balutan harga yang sesuai pula. (amr)


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

Search Site