Senin, 16 September 2013

Lima Hewan yang Dinaungi Mitos (II)

Posted by Odiwijaya on 11.49

Dua dari lima hewan yang namanya dikaitkan dengan mitos sudah disebutkan dalam tautan ini. Berikut tiga hewan lain yang dinaungi oleh mitos.

Kunang-kunang
Meski dalam dunia modern sudah diketahui mengenai bioluminesensi, hewan yang membawanya masih membuat kita terpesona. Ini pula yang membuat nama kunang-kunang (lightning bug) sebagai simbol keberuntungan.

Rumah yang disinggahi kunang-kunang dimitoskan akan mendapat nasib baik, tamu yang tidak terduga. Bahkan, jika ada lebih dari satu kunang-kunang, maka itu pertanda akan ada adanya pesta atau pernikahan.

Keyakinan di Jepang menyebut kunang-kunang di festival musim panas merupakan pertanda ia terisi jiwa dari pejuang yang tewas. Sebaliknya, jika Anda membunuh kunang-kunang, bersiaplah menerima nasib tidak enak.

Dalam sebuah peninggalan Scott County Historical Society di Virginia, Amerika Serikat, dituliskan jika Anda membunuh kunang-kunang, maka bersiaplah tersambar petir (lightining) di badai yang akan datang.

Tapi pada faktanya, kunang-kunang bukanlah makhluk magis. Cahaya yang dihasilkan merupakan produk dari organ di bawah perutnya, di mana oksigen dikombinasikan dengan kimia luceferin.

taeniopygia guttata,burung,zebra finchBarisan burung zebra finch (Taeniopygia guttata)

Burung terbang dalam rumah
Kisah lama menyebutkan bahwa burung yang terbang dalam rumah membawa celaka. Komedian AS Lucille Ball memercayai mitos ini karena ada burung yang terbang dalam rumah ketika ayahnya wafat.

Setelah kejadian itu, Ball menderita ornithophobia (ketakutan pada burung) parah sehingga gambar burung pun tidak boleh ada di kamar hotelnya. Dan, jika Anda sudah menyaksikan film produksi Hollywood, Conjuring, maka Anda pasti sudah menyaksikan mitos buruk burung yang mati menerjang dinding rumah dan jendela mobil.

Namun dalam pemaparan The Massachusetts Audobon Society, disebutkan bahwa burung menabrak dinding atau kaca karena mereka melihat bayangannya sendiri. Atau burung-burung itu mengira bayangan mereka adalah individu lain yang harus diusir.

Kodok
Kodok disukai anak-anak karena mereka kecil, terlihat menggelikan, meloncat seperti kelinci, dan membuat suara unik. Jika Anda berminat, juga bisa mengoleksi berudu untuk melihat transformasi hidupnya.

Perubahan dramatis bentuk kodok ini, dari berudu hingga kodok dewasa, membuatnya sebagai subjek magis. Maka itu kodok sering terlihat dan tergambar dalam berbagai film dan literatur mengenai penyihir. Mitos paling ternama adalah jika Anda menyentuh kodok, maka akan menyebabkan kutil. Tapi faktanya, kutil disebabkan virus, biasanya HPV.

Sebelumnya: Lima Hewan yang Dinaungi Mitos (I)
(Liz Langley)


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

Search Site