Twitter
berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan
dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey
memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan
untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai
pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter
menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas
Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South
by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan
Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di
festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.
Pertumbuhan
Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post)
per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta
kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2
miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama
tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari
2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010,
sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan
sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna
Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai
contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis
2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol
melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika
3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los
Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun
terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25
Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status
mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000
kicauan per jam.
Secara Keseluruhan
Pesan
Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan
pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter
disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan
singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas
karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL
seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti
Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi
multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter.
Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang
dikirim-tampil.
Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
Profil
Pada
halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau
data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)
Pengikut
adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila
pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang
yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Ikutan (Following)
Kebalikan
dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun
pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut
masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi
pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung
di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan
tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai (List)
Pengguna
twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau
senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan
para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Isi Kicauan
Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
- Berita
- Spam
- Promosi diri
- Celoteh tidak berarti
- Percakapan
- Nilai lewat-terus (pass-along)
Sumber : http://ardiresistance.blogspot.com/2011/12/twitter_01.html
0 komentar:
Posting Komentar