Sabtu, 28 April 2012

Antara Rasisme, Negrito dan Hipokrisi

Posted by Odiwijaya on 01.47

Rasisme bukanlah sesuatu hal yang bisa dianggap remeh, “penyakit” ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Perlu kesadaran dini dari setiap individu agar “penyakit” rasisme ini bisa dihentikan. Warisan kelam nenek moyang ras Caucasian (bangsa-bangsa Eropa) yang mendewakan supremasi kulit putih saat menjajah, menjarah, memperbudak  dan mengoyak-oyak bangsa-bangsa kulit berwarna (Asia, Amerika, Afrika) harusnya sudah ditinggalkan saat ini, abad di mana persamaan hak dijunjung tinggi harus tanpa membedakan warna kulit. Tidak terkecuali pada dunia sepakbola dan Liga Inggris.
Dahulu, kasus yang menimpa pemain-pemain berkulit hitam seperti  Viv Anderson dan John Barnes yang dilempari pisang serta diteriaki chants suara-suara monyet;  adalah hal biasa dan FA tidak pernah memberikan sanksi tegas bagi pelaku rasisme ataupun memberikan perlindungan bagi pemain yang menjadi korban. Sementara di tempat lain para pemain pendukung Tottenham Hotspurs selalu menjadi korban pelecehan salute ala Nazi,chants dengan menirukan suara gas/kamar gas  dan sebutan-sebutan Yahudi, mengingat  banyaknya keturunan Yahudi yang tinggal di sekitar stadion White Hart Lane.  Hingga akhirnya muncul kampanye akbar “Let’s Kick Racism Out Of Football” yang diprakarsai oleh organisasi kickitout.org semenjak tahun 1993 dan didukung penuh oleh PFA (Professional Footballers Association) juga English Premier League dan FA. Memberikan harapan cerah berupa perlindungan terhadap korban rasisme pada kasus-kasus yang banyak terjadi di lapangan saat liga Inggris belum berubah menjadi EPL.

16 October 2011 (Evra-Suarez: Negrito itu bukan rasis!)
Patrice Evra yang ditemani oleh SAF melaporkan adanya tindakan rasisme yang dilakukan oleh Luis Suarez sepanjang pertandingan berlangsung kepada wasit Andre Marriner  pasca pertandingan. Terhitung 10 kali, Luis Suarez mengatakan sebutan The N-wordatau”Nigger” atau “Negrito” pada Pat sepanjang pertandingan berlangsung. Kasus ini akhirnya diangkat hingga FA harus melakukan investigasi akan tuduhan rasisme yang dilakukan oleh Suarez terhadap Pat.
Luis Suarez menyangkal tuduhan itu, dan membela diri bahwa di Negara asalnya, Uruguay, sebutan “Negrito” bukanlah bertendensi rasisme, bahkan merupakan sebuah ungkapan/sapaan “keakraban” antara teman. Suarez menambahkan: “Itu hanyalah bentuk saya mengekspresikan diri. Saya memanggilnya dengan sebutan dimana rekan-rekannya di Manchester biasa memanggil Evra.”
Apakah Anda merasa ada yang aneh dengan pernyataan Suarez tersebut?  Mari kita cermati lagi.
  1. Apakah Luis Suarez adalah teman, kawan akrab atau bahkan sahabat Patrice Evra sehingga dia bisa menyebutnya dengan sebutan “Negrito” ?
  2. Apakah Patrice Evra berasal dari Uruguay sehingga dia mengerti dan bisa menerima sebutan “Negrito” sebagai sapaan akrab antar sahabat khas Uruguay seperti yang Suarez lakukan terhadapnya?
  3. Apakah Suarez mengenal baik dan pernah berada di tengah-tengah rekan-rekan Pat di Manchester sehingga dia mengetahui secara persis bagaimana rekan-rekan Pat biasa menyebutnya?
Rasanya tidak ada jawaban selain dari kata “TIDAK”. Itu hanya asumsi semata, Anda boleh setuju ataupun tidak, namun yang perlu saya garis bawahi adalah: Suarez telah MENGAKUI memanggil Pat dengan sebutan “Negrito” pada pertandingan tersebut. Sudah jelas-jelas Suarez melanggar salah satu peraturan FA yang melarang pemain melakukan tindakan berikut:
“abusive and/or insulting words and/or behaviour contrary to FA rules”, including “a reference to the ethnic origin and/or colour and/or race “.
Apapun alasan dan pembelaannya, entah itu dianggap sebagai kebudayaan yang berbeda atau kakek dari Suarez juga berkulit hitam sehingga sebutan “Negrito” bukanlah sebuah ungkapan rasisme, toh hal tersebut tidak dapat menghindarkan Suarez dari sanksi FA berupa larangan bermain 8 pertandingan dan denda £40,000 pada 20 Desember kemarin. Sanksi yang oleh pihak Liverpool, Suarez, Dalglish dianggap terlalu “berat” dan sangat merugikan. Benarkah? Saya rasa untuk kasus rasisme, hukuman tersebut terlalu ringan.
Suarez mungkin tidak mengenal peribahasa “Di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung” seperti yang kita kenal, namun seharusnya dia bisa berlaku bijaksana dan banyak belajar ketika dia mendaratkan kakinya di Inggris, bermain di liga Inggris dan hidup di sebuah masyarakat dengan kebudayaan yang berbeda pula dari tanah kelahirannya di Uruguay.
Yang lebih mencengangkan lagi adalah bagaimana reaksi dari Kenny Dalglish, pihak klub Liverpool FC dan fans LFC sendiri dalam menyikapi kasus ini. Mereka benar-benar melakukan pembelaan membabi buta terhadap Luis Suarez baik di media maupun melalui pihak resmi klub. Saat FA memutuskan akan menginvestigasi kasus ini, FA meminta pihak klub dan manajer menahan diri memberikan opini ke media yang bias sehingga bisa memperkeruh suasana, namun apa yang terjadi? Saat MUFC dan SAF dengan begitu menghormati perintah tersebut dan menyerahkan semuanya ini kepada FA, Dalglish dan LFC justru sering memberikan pembelaan dan mengarahkan opini publik bahwa Luis Suarez tidak bersalah. Apapun alasannya, yang penting Suarez harus bebas, dia tidak bersalah dan tidak rasis. Salut atas kebersamaan mereka!
Saya selalu menghormati Liverpool FC sebagai rival dan supporter mereka yang begitu fanatik, namun kebersamaan di atas slogan “You’ll Never Walk Alone” untuk membela seorang pemain yang melakukan tindakan rasisme??! Berlebihan??
Rasanya tidak. Mungkin mereka hanya tidak beranjak dari tempat duduk mereka seperti saat mereka menyerang John Barnes dengan caci maki rasis, monkey noises saat Barnes masih bermain di Watford dan kemudian justru balik mengecam fans Everton, WestHam dan Milwall yang melakukan pelemparan pisang dan chants suara-suara monyet kepada Barnes saat ia sudah berbalut seragam kebesaran merah-merah Liverpool FC.
1987 John Barnes was pictured back-heeling a banana off the pitch during a match for Liverpool against Everton, whose fans chanted ‘Everton are white’.
Let Suarez Walk Alone ………………
Sumber : http://ardiresistance.blogspot.com/2011/12/antara-rasisme-negrito-dan-hipokrisi.html

0 komentar:

Posting Komentar

Search Site